Skip to main content

KACANG HIJAU BAGI KESEHATAN TUBUH

KACANG HIJAU BAGI KESEHATAN TUBUH
Kacang hijau atau dalam Bahasa latinnya Phaseolusradiatus L. merupakan salah satu tanaman kacang-kacangan yang terbilang penting di Indonesia bahkan di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Indonesia, kacang hijau menempati urutan ke tiga dalam kebutuhan kacang-kacangan stelah kacang kedelai dan kacang tanah, baik mengenai luas areal tanaman dan produksinya.
Tanaman ini merupakan tanaman yang tumbuh semusim yang berumur pendek yakni 65 hari. Biji kacang hijau mempunyai kandungan protein sebanyak 24,4%, lemak 1%, dan karbohidrat 64,6%. Selain itu (Marzuki dan Soeprapto, 2007) mengatakan biji kacang hijau mengandung vitamin B1, A dan C. Kacang hijau merupakan sumber mineral penting yakni kalsium dan fosfor yang berfungsi untuk memperkuat tulang. Sedangkan kandungan asam lemaknya adalah asam lemak tak jenuh. Kacang hijau juga memiliki lemak yang rendah dan baik bagi yang menghindarikonsumsi lemak tinggi. Biji kacang hijau dikonsumsi sebagai bahan makanan seperti tauge, sup, bubur, tepung, minuman, tahu, dan juga sebagai bahan kue.
Sebaran daerah produksi kacang hijau di Indonesia adalah Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan dan juga NusaTenggara. Pulau Jawa merupakan penghasil kacang hijau utama di Indonesia.
Kandungan gizi kacang hijau per 100gr
Kandungan gizi kacang hijau
Kalori (kal)
323
Protein (g)
22
Lemak (g)
1,5
Karbohidrat (g)
56,8
Kalsium (mg)
223
Zat besi (mg)
7,5
Fosfor (mg)
319
Vitamin A (Si)
157
Vitamin B1 (mg)
0,46
Vitamin C (mg)
10
Air (g)
15,5
Sumber : Retnaningsih, dkk (2008)
Secara tradisi, ibu hamil sangat sering dianjurkan untuk minum air kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut yang lebat. Kandungan kalsium dan fosfor kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat kerangka tulang. Kandungan lemaknya yang rendah baik bagi orang yang ingin menghindari kegemukan akibat konsumsi lemak tinggi. Untuk menjaga kesehatan jantung juga dianjurkan mengkonsumsi kacang hijau karan memiliki lemak yang tidak jenuh yang mencapai 73%.
Secara Garis Besar Kacang Hijau Mempunyai Manfaat Sebagai Berikut :
A.    Sumber Mineral
Beberapa kandungan mineral pada kacang hijau adalh Kalium, Magnesium, Asam Folat, Zink (seng), Besi dan Fosfor. Kalium dan Magnesium baik  untuk menjaga kesehatan jantung, Asam Folat baik untuk ibu yang sedang mengandung, besi dan fosfor baik untuk menjaga kesehatan tulang.
B.     Kaya Serat
Kacang hijau juga merupakan sumber makanan yang mengandung akan serat yang tinggi baik serat larut dan tak larut. Serat tidak larut baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mampu mengurangi rasa sembelit. Sedangkan serat yang larut dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menjaga kadar darah.
C.     Kaya Protein
Kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati yang baik tanpa kadar lemak jenuh, berbeda dengan protein yang berasal dari hewani yang mengandung lemak jenuh. Hal ini sangat baik bagi kesehatan jantung yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat jika mengkonsumsi kacang hijau secara teratur.
D.    Memiliki Efek Detoksifikasi/ pengeluaran racun
Kacang hijau juga memiliki manfaat sebagai detosifikasi tubuh dan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Dalam pengobatan, mengkonsumsi kacang hijau dianjurkan untuk detoksifikasi dalam tubuh.
E.     Menurunkan Berat Badan
Karena Kacang hijau memiliki kadar kalori yang rendah dan juga sebagai sumber serat yang bisa memberi rasa kenyang lebih lama bila mengkonsumsinya. Dengan demikian rasa ini ngemil akan tertahan.
Note : tidak dimasak dengan santan atau juga gula yang berlebih.

REFERENSI
Moody, K.1979. Weed Control in Tropical Legumes. Symposium Weed Control In Tropical Crop.Weed Science Society of The Phillipines, Inc.Manila.
Hartono, R., dan Purwono. 2005. Kacang Hijau. Penebar Swadaya Jakarta.
Rukman, R.1997.Budidaya dan Pasca Panen Kacang Hijau. Kanisius. Yogyakarta.
Soeprapto., dan T. Sutarman.1991. Bertanam Kacang Hijau.Swadaya. Anggota IKAPI.35 halaman.

Marzuki, R., dan H.S. Soeprapto. 2007. Bertanam Kacang Hijau. Penebar Swadaya. Jakarta.

Comments

Popular posts from this blog

KONSISTENSI TANAH

https://btcclicks.com/?r=80a97562 LAPORAN RESMI PRAKTIKUM ILMU TANAH Acara                : Kosistensi Tanah Tujuan              : untuk mengetahui konsistensi suatu jenis tanah. Alat & Bahan Alat                   : Ember                              Papan Kayu                              Alat tulis Bahan                : Tanah diameter 2 mm dan Gumpalan                              Grumusol dan Latosol                              Aquades Cara Kerja Konsentrasi Kering Hancur Konsistensi Ditekan antara Tanah di tekan Lepas lepas Ibu jari dengan telunjuk Sedikit ditekan-tekan lunak Tekan keras Agak keras Telapak tangan Tekan kuat keras Ibu jari Tidak hancur Sangat keras ·           Konsistensi tanah Basal. 1.       Ambil tanah 2.       Tambahkan tanah dengan aquades 3.       Membedakan kelekatan dan plastisitas tanah Hasil

MENENTUKAN TEKSTUR TANAH

LAPORAN RESMI PRAKTIKUM ILMU TANAH ACARA : MENENTUKAN TEKSTUR TANAH Tujuan : Menentukan tekstur tanah dengan metode kuantitatif dan kualitatif Alat & bahan  :         Alat        : gelas arloji         bahan     : aquades                          tanah grumusol dan ultisol Cara kerja   : a. Tekstur  :  penetapan tekstur tanah dengan metode kuantitatif menurut klasifikasi USDA pada gambar b. Stuktur tanah  segenggam tanah untuk diremas-remas untuk melepaskan agregatnya, sehingga tanah menjadi pasta liat atau kadar air antara BG da BC. jika kurang basah, maka dibasahi dikit demi sedikit sambil diremas.  tanah dibuat seperti bola dengan cara dikepal-kepal tanah dicoba pita secara ditekan dan didorong dengan secara hati-hati dengan ibu jari dangan alas jari telunjuk sampai ujung pita tanah melampaui ujung jari telunjuk tanah dibuat bubu, lalu digosok-gosokkan dengan jari pada telapak tangan  Hasil Pengamatan        wilye29.blogspot.

LAPORAN PKL DI PERKEBUNAN SAWIT

LAPORAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN II Teknis Budidaya Tanaman Kelapa Sawit ( Elaeis guinensis Jacq.) Di PT. Samukti Karya Lestari Kebun Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara Disusun Oleh: WIBOWO JABATINO S (12.05.0 115 ) PROGRAM DIPLOMA IV BUDIDAYA TANAMAN PERKEBUNAN POLITEKNIK LPP YOGYAKARTA 2015 HALAMAN PENGESAHAN Judul Laporan PKL II            : Teknis Budidaya Tanaman Kelapa Sawit ( Elaeis guinensis Jacq.) di PT. Samukti Karya Lestari Kebun Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan Sumatera Utara. Nama                                     : Wibowo Jabatino S NIM                                       : 12.05.0115 Tanggal Ujian                        : 01 Desember 2015 Mengetahui Menyetujui Hartini SP., M.Sc Ketua Program Studi BTP D IV Fitria Nugraheni S, SP., M.